Gedung Perkantoran di Perth Banyak Kosong

gedung perkantoran, perkantoran di Perth

Anjloknya harga komoditi di sektor pertambangan diduga menjadi pemicu utama menurunya tingkat hunian gedung perkantoran di kota Perth, Australia Barat.

Australia Barat adalah negara bagian yang memiliki industri pertambangan yang paling banyak, dan melorotnya harga komoditi di sektor pertambangan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, membuat tingkat hunian perkantoran di Perth jadi yang terburuk selama 23 tahun terakhir.

Berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh perusahaan BIS Shrapnel, saat ini sekitar 22% gedung perkantoran di Ibu kota Australia barat ini tidak memiliki tenant sama sekali.

Ini berarti keadaan yang paling buruk sejak tahun 1993.

Penyewa menurun, dengan permintaan gedung perkantoran yang juga turun 40% jika dibandingkan tahun 2012.

Baca juga: (Daftar Gedung Perkantoran Terbaik Di Jakarta).

Lee Walker, Manajer properti komersial BIS Shrapnel mengatakan, kondisi saat ini belum sampai ke puncak terburuk dan diperkirakan kondisi ini juga masih akan berlangsung hingga dua tahun lagi. “Permintaan ruang kantor berhubungan dengan siklus sumber daya, dan dalam sepuluh tahun terakhir, investasi di bidang sumber daya ini berjalan konstan, namun kini beberapa proyek akan berakhir.” ucap Walker.

“Khususnya biji besi, dan juga LNG tidak ada proyek baru sebagai penggantinya.” Walker juga mengatakan kondisi ini akan terus memburuk sampai dua tahun mendatang, karena ada beberapa pembangunan gedung perkantoran baru yang akan selesai, seperti gedung Woodside dengan luas 55 ribu meter persegi yang akan selesai dibangun tahun 2018.

“Dalam prediksi, kami tak melihat adanya permintaan yang tinggi akan gedung perkantoran setidaknya sampai dua tahun ke depan, situasi ini akan menjadi masa-masa yang sulit bagi mereka yang sedang membangun gedung perkantoran di Perth.” paparnya.

Turunnya permintaan gedung perkantoran juga menjadi penyebab turunnya tingkat hunian. “Sejak puncak kejayaan di bidang pertambangan pada tahun 2012, tingkat sewa turun 20%, dan jika dihitung bersama diskon yang diberikan penyewa, penurunannya diperkirakan mencapai 60%.”

Walker mengatakan semasa jaya, pihak pengelola gedung banyak yang tidak memberikan diskon, dan tampaknya saat ini mereka harus melakukannya saat ini.

“Kondisi pasar sewa kantor di pusat kota Perth saat ini sedang buruk, dan kami memprediksi penurunan ini belum mencapai dasarnya.”

“Pengamat lain pun mengatakan kita telah mendekati dasarnya, tetapi kami tidak berpandangan demikian. Menurut kami, keadaan ini masih akan lebih buruk dalam beberapa tahun mendatang.” ucap Walker.

Sumberberita Gedung Perkantoran di Pusat Kota Perth Banyak Yang Kosong:

www.tribunnews.com

Iklan

One response to “Gedung Perkantoran di Perth Banyak Kosong

  1. Ping-balik: 8 Gedung Perkantoran Paling Mahal di Jakarta | danislexaw·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s