7 Alasan Kenapa Betah Kerja di Coworking Space

kerja di coworking space

Coworking Space – Pernahkah Anda membayangkan bekerja di alam bebas atau ngantor dimana saja yang tak harus didalam ruangan kantor? Sesuai perkembangan zaman dan dunia teknologi, bekerja tak melulu harus di kantor. Bekerja seharian duduk di depan monitor komputer.

Sekarang ini ada istilah coworking space di kalangan pebisnis start-up. Coworking space adalah istilah yang sangat familiar bagi para pelaku bisnis rintisan akhir-akhir ini. Tempat kerja ini menyediakan segala fasilitas untuk kamu yang ingin mengembangkan ide dan berbaur dengan sesama pelaku start-up.

Berikut ini keuntungan jika kamu bekerja lingkungan coworking space:

Suasana Kerja yang fun

desain tempat kerja fun di coworking space

Biasanya kantor digambarkan dengan suasana kaku dan membosankan. Gambaran tersebut tak akan kamu temui di coworking space. Bekerja di lingkungan, kamu akan merasakan suasana yang berbeda dari kantor biasa. Coworking space adalah tempat yang mewadahi berbagai macam kegiatan bisnis dari berbagai kantor dalam satu tempat.

Satu atap bisa digunakan untuk beberapa perusahaan rintisan. Coworking space ini telah lama diterapkan di daratan Eropa. Namun di Indonesia, coworking space masih terbilang baru. Beberapa start-up menerapkan coworking space sebagai kantor mereka. Kamu akan menemui pekerja dari berbagai perusahaan lain di tempat yang sama. Menarik, bukan?

Sesuai dengan Kebutuhanmu

suasana kerja nyaman di coworking space

Desain dari coworking space ini menjadi alternatif kantor masa depan. Setiap detail desain ruang kerja disesuaikan dengan kebutuhan para pekerja. Misalnya kamu akan merasakan suasana tempat kerja yang didesain semenarik dan senyaman mungkin.

Fasilitas yang ada seperti meja, maupun kursi lebih variatif sesuai kenyamanan kamu. Tak hanya itu saja, fasilitas wifi, colokan listrik dan makanan ringan bisa kamu dapatkan dengan mudah. Kamu pernah lihat kantor Facebook atau Google? Kurang lebih seperti itulah coworking space didesain.

Tambah Pertemanan

teman satu misi di coworking space

Sistem yang diterapkan di coworking space adalah sistem sewa tempat. Siapa saja bisa menyewa tempat kerja di coworking space. Baik hitungan jam, harian, bulanan atau tahunan. Ngantor di coworking space membuatmu akan menemui orang yang berbeda setiap hari atau bulannya.

Dengan begitu, Jaringan pertemananmu semakin luas. Mungkin saja kamu akan mendapatkan kolega atau klien untuk mengembangkan bisnis kamu. Masih berbicara dalam aspek sosial, dengan bertemu banyak orang, kamu memiliki kesempatan untuk menambah jaringan sosial. Selain itu, interaksi sosial yang lebih variatif juga memperbesar peluang kerja baru bagimu dan memperoleh tawaran kerja sama dalam satu proyek baru.

Lebih jauh lagi, kamu bisa membuat sebuah komunitas dengan satu tujuan yang sama antar sesama anggotanya. Tujuannya adalah ketikastartup yang kamu kerjakan ternyata kurang berhasil. Kamu mempunyai satu tujuan lain yaitu memajukan komunitas yang telah dibangun sebelumnya.

Memunculkan Kreativitas dalam Bekerja

kerja lebih kreatif di coworking space

Bertemu dengan orang baru ataupun yang beragam bisa memunculkan obrolan. Dari obrolan ringan hingga tukar pendapat tentang isu atau teknologi baru jadi semakin mengasyik. Hal tersebut bisa mendatangkan ide atau gagasan baru untuk pekerjaanmu.

Bekerja di coworking space akan membuatmu semakin mudah menelurkan karya-karya fres. Kamu bisa menemukan inovasi baru dengan cara yang menyenangkan. Bukankah lingkungan kerja yang tidak kaku lebih mudah membuat kamu lebih kreatif?

Lebih Murah Dibanding Sewa Kantor

coworking space lebih murah dari sewa kantor

Jika sebuah perusahaan harus memiliki kantor tetap, start-up atau industri kreatif cenderung lebih sulit berkembang. Modal untuk mengembangkan bisnis bisa berkurang apabila digunakan untuk menyewa sebuah kantor. Memilih coworking space adalah pilihan yang paling tepat untuk kamu yang sedang mengembangkan bisnis start-up. Tarif sewa yang cenderung murah bisa disesuaikan dengan modal dan kebutuhan kamu. Mau sewa per jam, harian atau mingguan bisa.Bekerja Terasa Menyenangkan

Coworking space memang menawarkan konsep modern dalam bekerja. Kamu merasa seperti sedang “bermain” karena saking nyamannya. Suasana santai, nyaman dan easy going sangat kental di linkgungan coworking space. Namun, kamu tetap bisa menciptakan produktivitas kerja yang baik juga.

Berada dalam sebuah komunitas yang memiliki satu misi adalah hal yang menyenangkan. Ketika berada di co-working space bersama pekerja start-up lain kamu akan merasakan lingkungan yang lebih kondusif ketimbang di rumah. Jika kamu pernah bekerja dari rumah, mungkin kamu akan mengerti segala macam gangguan yang bisa terjadi ketika sedang bekerja.

Ketika bekerja di sebuah coworking space, kamu akan mendapatkan sebuah atmosfer bekerja layaknya di kantor tapi dengan fleksibilitas yang lebih tinggi. Selain itu, atmosfer kerja yang menyenangkan dan keberadaan rekan kerja walaupun bukan dari satu perusahaan yang sama. Kamu bisa memiliki mood kerja yang lebih tinggi dan pada akhirnya akan berimbas pada meningkatnya produktivitas kerja.

Waktu Fleksibel

waktu fleksible di coworking space

Bekerja di coworking space sangat cocok untuk kamu yang nggak suka didesak waktu. Kamu bisa datang ngantor kapan saja dan pulang semaumu. Nggak perlu harus bekerja selama delapan jam. Selama pekerjaanmu telah selesai, kamu bisa pulang kapan saja.

Bekerja di dalam sebuah coworking space memang membutuhkan biaya tambahan. Namun melihat keuntungan-keuntungan yang di dapat, biaya yang keluarkan sewa tempat kerja di coworking space sangatlah setimpal. Namun sebelumnya, kamu harus memilah-milah coworking space mana yang memiliki fasilitas yang lengkap dan tepat bagi kamu.

Sumber artikel

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s