Sektor Teknologi Dominasi Permintaan Ruang Kantor Asia Tenggara

Kantor – Perekonomian online di kawasan Asia Tenggara nilainya mencapai lebih dari USD 200 miliar atau sekitar Rp 2.966 triliun di tahun 2025.

Dari semua bidang, e-commerce dinilai sebagai sektor yang mengalami pertumbuhan yang paling pesat. Saat perusahaan internet baru mengembangkan keberadaan mereka di kawasan Asia Tenggara, perusahaan e-commerce sudah sangat cepat perkembangannya selama dua tahun terakhir.

Sektor e-commerce bahkan diperkirakan bakal meningkat sebesar 30% dalam 5 hingga 10 tahun ke depan pada 2025. Nilainya akan mencapai USD 88 miliar atau sekitar Rp 1.305 triliun.

ruang kantor, coworking space, kantor terbuka
Ilustrasi ruang kantor bersama/coworking space

Bisnis Coworking Space pun Meningkat

Ruang kantor bersama atau yang lebih dikenal dengan coworking space kontribusinya banyak terhadap permintaan ruang kantor di Asia Tenggara.

Baca Juga : 7 Alasan Kenapa Betah Kerja di Coworking Space

Permintaan coworking space bahkan meningkat sebanyak 40% per tahun dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Saat ini coworking space mengambil sekitar 2% dari pasokan perkantoran di kawasan Asia Tenggara, dibanding pada tahun 2015 yang hanya menyerap pasokan kantor sekitar 0,5%.

“Menurut kami dalam satu dekade mendatang, perusahaan e-commerce akan terus bertumbuh, bersama dengan co-working space,” ucap Regina Lim, Head of Capital Market Southeast Asia Research Jones Lang LaSalle (JLL), dalam keterangan tertulisnya kepada laman Kompas.com, Kamis (13/9).

Lim pun menambahkan, saat perusahaan e-commerce tumbuh subur di kawasan Asia Tenggara, gim serta platform e-sport juga bisa menjadi penggerak berikutnya untuk hunian perkantoran di kawasan ini.

Menurut JLL, cepatnya peningkatan ini banyak terjadi terutama di Jakarta – Indonesia, Bangkok – Thailand, Manila – Filipina, dan Ho Chi Minh City – Vietnam.

Lim menerangkan, trens sosio-ekonomi yang kuat telah mendorong pertumbuhan berkelanjutan dari perusahaan teknologi tersebut.

ruang kerja, kantor, ruang kantor, kantor terbuka
Ilustrasi ruang kerja terbuka

Pertimbangan Lokasi Kantor

Pemilihan kantor juga terkait dengan lokasinya. Berkaitan dengan hal ini, perusahaan teknologi di Jakarta, Singapura dan Manila lebih condong punya kantor di kawasan Central Business Disctrict (CBD).

Tetapi hal ini tidak berlaku di Kuala Lumpur. Di Ibukota Malaysia ini, permintaan ruang kantor untuk perusahaan teknologi justru bergeser ke kawasan pinggiran. Hal ini didorong dengan adanya pengenalan infrastruktur transportasi massal yang terintegrasi.

Sama halnya dengan di kota Bangkok. Mayoritas perusahaan teknologi di wilayah ini lebih memilih untuk memiliki kantor di sepanjang jalur angkutan massal. Lokasinya berada di luar kawasan CBD.

Baca Juga : Pertumbuhan Minat Terhadap Coworking Space di Asia Lampaui AS dan Eropa

Secara regional, pemilihan lokasi kantor dipengaruhi oleh akses terhadap orang-orang yang berbakat, kebijakan pemerintah yang mendukung serta akses kepada para konsumen.

“Ini memberikan ekosistem inovatif yang kondusif untuk memiliki kolaborasi dan kewirausahaan,” ucap Lim. Di setiap kota, perusahaan-perusahaan teknologi tersebut menegaskan perlunya konektivitas transportasi.

Selain itu, perusahaan teknologi juga memerlukan bangunan terintegrasi yang menggabungkan aspek kehidupan, pekerjaan, dan bermain.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di laman Kompas.com dengan judul "Perusahaan Teknologi Mendominasi Permintaan Kantor Asia Tenggara".
Iklan

Satu respons untuk “Sektor Teknologi Dominasi Permintaan Ruang Kantor Asia Tenggara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.