Tiga Gedung di Jakarta akan Terkoneksi dengan Stasiun MRT

mrt, mrt jakarta, gedung, gedung di jakarta
Ilustrasi proses konstruksi stasiun MRT Jakarta – @jawapos

Tiga gedung di Jakarta dipastikan akan terkoneksi langsung dengan Stasiun Mass Rapid Transit (MRT). Ketiga gedung itu, yaitu Blok M Plaza, Gedung Indonesia One, dan Gedung UOB.

Direktur Operasional PT MRT Jakarta, Agung Wicaksono, mengungkapkan, ketiga gedung tersebut nantinya langsung terkoneksi dengan stasiun MRT sehingga memudahkan pekerja kantoran pengguna moda angkutancepat terpadu itu.

Seperti Stasiun MRT Blok M akan langsung tersambung dengan Blok M Plaza, Stasiun MRT Dukuh Atas yang terkoneksi dengan Gedung UOB, dan Stasiun MRT Bundaran HI yang terkonek Gedung Indonesia One.

Baca Juga : Animo Investasi Perkantoran Bisa Naik Karena MRT

“Saat ini proses koneksi ketiga gedung dengan stasiun MRT masih berjalan, sedang tahap proses pembangunan,” kata Agung, Minggu (30/9).

Agung menyebutkan, dari awal pembangunan MRT, Blok M Plaza memang telah meminta untuk terkoneksi langsung. Sedangkan untuk Gedung Indonesia One dan Gedung UOB, pengkoneksian tersebut memangkewajiban dari pihak MRT dalam membangun jalur utama MRT.

Agung menambahkan, pembangunan jalur di tiga gedung tersebut menggunakan skema jalur atas (elevated), dan juga jalur terowongan (underground). Yang di Blok M Plaza, nantinya koneksinya menggunakan elvated yang terhubung dengan Stasiun MRT Blok M. Sedangkan untuk Gedung Indonesia One dan gedungUOB, keduanya akan menggunakan underground.

Selain ketiga gedung itu, sedikitnya 50 gedung di Jakarta juga diharapkan dapat terkoneksi dengan MRT. Oleh sebab itu, untuk mempercepat proses tersebut, telah ditandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU).

“Interkoneksi sudah banyak yang ada MoU. Mereka masih wait and see namun kami push. Mereka mungkin akan melihat semua stasiun lebih dulu. Sudah ada knock down pannel. Nanti jika ada yang mau interkoneksi tinggal dibuka,” ujar Agung.

Knock down pannel sendiri adalah dinding yang siap dibongkar jika interkoneksi disepakati di tengah beroperasinya MRT. Secara teknis dan juga konstruksi, pembongkaran dinding ditengah operasional masih cukup aman.

Memang tidak ada kepastian ke 50 gedung akan terkoneksi dengan MRT. PT MRT saat ini masih melakukan kajian terhadap gedung-gedung tersebut. Kepastian interkoneksi tersebut baru diputuskan sesudahmelalui beberapa pertimbangan, yang salah satunya anggaran.

Karena, selain pembangunan infrastruktur awal harus disepakati terkait perawatan serta jaminan keamanan di area tertentu dalam jalur interkoneksi. Karena itu, untuk mengunci kesepakatan ini perludiatur dalam peraturan gubernur (pergub).

“Memang kesiapan ini dari dua belah pihak. Arrangement-nya antara pemilik gedung dan pihak MRT, baik soal keamanan, kebersihan serta perawatan,” terang Agung.

Agung memberikan contoh gedung Sampoerna Land yang rencananya terkoneksi dengan Stasiun MRT Bendungan Hilir. Pihak Sampoerna Land menyatakan bersedia menyiapkan pemeliharaan.

“Namun fasenya belum ada kesepakatan. Kalau gedung UOB masih in progress untuk perjanjian pemeliharaannya. Sebagian area mereka, sebagian lagi area kita. Harus detail,” tambah Agung.

Baca Juga : Daftar Gedung Perkantoran Terbaik di Jakarta

Sementara itu, Direktur Kontruksi MRT Silvia Halim memastikan MRT beroperasi pada Maret 2019. Saat ini hampir semua rangkaian kereta telah tiba dari Jepang.

Empat set kereta terakhir dijadwalkan akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok bulan November. Sementara dari sisi infrastrukturnya, saat ini proses konstruksi keseluruhan mencapai 96,53 persen denganrincian seksi jalur layang sebesar 95,36 persen dan seksi jalur bawah tanah 97,71 persen.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di laman sindonews.com dengan judul "Tiga Gedung di Jakarta Terkoneksi Langsung dengan Stasiun MRT".

Satu respons untuk “Tiga Gedung di Jakarta akan Terkoneksi dengan Stasiun MRT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.