Berikut 20 Wilayah Perkantoran Termahal di Asia

Kota Hong Kong – istockphoto.com

Central Hong Kong menjadi kawasan yang memiliki harga sewa termahal di dunia untuk perkantoran premium. Daerah sekitar Hong Kong juga memiliki harga sewa, pajak, serta biaya layanan 60 persen lebih mahal jika dibandingkan kawasan Midtown New York, dan hampir 75 persen lebih mahal bila dibandingkan kawasan West End London.

Begitu hasil dari laporan JLL Premium Office Rent Tracker (PORT) yang mengumpulkan data mengenai total penyewaan pada gedung premium di distrik perkantoran terbaik di 61 kota.

Baca Juga : Banyak Perusahaan China Minati Pasar Perkantoran Hong Kong

Menurut JLL, harga sewa ruang kantor yang paling tinggi di Central Hong Kong dikarenakan oleh perusahaan-perusahaan China yang menempati ruang perkantoran Grade A, meskipun permintaan ini sudah menurun di kuartal terakhir. Ini memungkinkan beberapa perusahaan mendapatkan kantor yang lebih terjangkau di area yang terdesentralisasi.

Perkantoran di Hong Kong

“Hong Kong East dan Kowloon East muncul sebagai tempat alternatif yang diminati. Para penyewa ternama yang baru-baru ini pindah ke Hong Kong East termasuk Ernst & Young dan Baker McKenzie,” kata Head of Research, JLL Hong Kong Denis Ma dalam keterangan resminya seperti dikutip Selasa (11/12).

Selama ini Hong Kong East selalu dianggap sebagai lokasi untuk perkantoran back office oleh perusahaan multinasional, namun saat ini semakin banyak perusahaan yang melihat kawasan ini sebagai lokasi kantor pusat.

Berbagai firma di sektor keuangan, asuransi, real estate dan layanan bisnis sudah beranjak ke Hong Kong East, dan saat ini menempati sekitar 37 persen dari basis penyewa. Perusahaan teknologi dan hukum juga banyak berpindah dari Central ke Hong Kong East.

Setiap distrik di kota di China (Hong Kong, Beijing, Shenzhen, Shanghai) hingga ini menempati enam dari sepuluh wilayah kantor premium paling mahal di Asia. Sementara itu, Singapura masuk ke dalam daftar 10 besar di kota-kota Asia, naik dari peringkat empat belas di tahun 2017.

Industri perbankan dan jasa keuangan berada di urutan pertama sebagai pemilik ruang kantor premium secara global, dan sebagai sektor yang menguasai lebih dari setengah cakupan dalam 72 wilayah.

“Bisnis layanan keuangan yang bernilai serta memiliki margin yang tinggi seperti perusahaan-perusahaan swasta, investasi perbankan, menyewa ruang perkantoran premium di Beijing, Shanghai, Tokyo dan Singapura. Meskipun biaya masih menjadi hal yang penting, perusahaan-perusahaan ini tetap memprioritaskan untuk bisa mengakses pekerja bertalenta dan memiliki fasilitas dalam memilih lokasi kantor berikutnya. Dengan bangunan berkualitas premium mereka memiliki target untuk menarik dan mempertahankan talenta terbaik, yang juga membantu meningkatkan citra perusahaan mereka.” ujar Jeremy Sheldon, Managing Director, Markets and Integrated Portfolio Services, JLL Asia Pasifik.

Adapun premium office rents mengacu pada ‘top achievable’ untuk unit lebih dari 10.000 kaki persegi (atau sekitar 1.000 meter persegi) di gedung premium di wilayah kantor utama pada masing-masing kota. Laporan ini tidak termasuk penyewaan yang berasal dari level premium yang dibayar untuk kuantitas ruang yang kecil atau unit yang sangat bergengsi, dimana harga sewa yang cukup besar diterapkan.

Berikut harga rata-rata penempatan kantor dari 20 wilayah teratas di Asia-Pasifik:

  1. Hong Kong, Central, Hong Kong US$ 338
  2. Beijing, Finance St, China US$ 189
  3. Shenzhen, China US$ 155
  4. Beijing, CBD, China US$ 153
  5. Tokyo, Marunouchi, Jepang US$ 148
  6. Delhi, Connaught Place, India US$ 142
  7. Shanghai, Pudong, China US$ 131
  8. Hong Kong East, Hong Kong US$ 122
  9. Tokyo, Shinjuku, Jepang US$ 118
  10. Singapore, Singapore US$ 108
  11. Shanghai, Puxi, China US$ 102
  12. Sydney, Australia US$ 102
  13. Seoul, South Korea US$ 99
  14. Mumbai, India US$ 96
  15. Osaka, Jepang US$ 94
  16. Hong Kong, Kowloon East, Hong Kong US$ 83
  17. Guangzhou, China US$ 76
  18. Taipei, Taiwan US$ 66
  19. Ho Chi Minh City, Vietnam US$ 59
  20. Jakarta, Indonesia US$ 57
Artikel ini telah tayang sebelumnya di www.detik.com dengan judul "Ini 20 Wilayah Perkantoran Paling Mahal di Asia"
Iklan

Satu respons untuk “Berikut 20 Wilayah Perkantoran Termahal di Asia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.