Coworking Space Jadi Penyelamat Bisnis Sewa Ruang Kantor

kantor, perkantoran, ruang kantor, coworking space, accsoleh
Ruang kerja bersama (coworking space) – ipapa.co.id

Disrupsi digital tak melulu mengganggu bisnis konvensional, selama bisnis tersebut sanggup membuka diri terhadap perubahan perilaku atas akibat dari perkembangan saat ini.

Salah satunya adalah bisnis sewa ruang kantor di kota besar, khususnya di Jakarta, yang pernah meredup dengan minimnya permintaan berkat perubahan tersebut. Tetapi, belakangan, bisnis tersebut mulai menggeliat setelah membuka diri dengan kehadiran fenomena ruang kerja bersama (coworking space).

Baca juga : 7 Alasan Kenapa Betah Kerja di Coworking Space

“Tren penyerapan ruang kantor hingga dengan September 2018 telah meningkat lebih baik dibandingkan tahun lalu. Dibantu oleh ekspansi coworking space, bukan berasal dari ekspansi perusahaan yang sudah menjadi penyewa ruang kantor selama ini,” kata Anton Sitorus, Head of Research and Consultancy Savills Indonesia, Rabu (19/12).

Menurutnya, penyerapan ruang kantor hingga September 2018 telah lebih dari 100.000 meter persegi.

Meski begitu, tingkat kekosongan ruang kantor masih cukup tinggi, sebesar 25 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang sebesar 21 persen.

Anton mengatakan hal tersebut dikarenakan melimpahnya jumlah pasokan perkantoran baru yang masuk di Kawasan sentral bisnis (CBD) Jakarta dari proyek yang diluncurkan sejak tahun 2015.

Berdasarkan laporan kuartal ketiga 2018 Savills Indonesia, permintaan dan pasokan ruang perkantoran masih didominasi oleh perkantoran dengan kategori A. Tren permintaan positif tersebut juga sama dengan tren perkantoran secara keseluruhan, yakni permintaan yang belum juga bisa mengisi tingkat kekosongan.

Perkantoran kelas A memiliki tingkat kekosongan paling tinggi yaitu sebesar 30 persen, diikuti ruang kantor kelas premium sebesar 23 persen, ruang kantor kelas B sebesar 16,5 persen, dan ruang kantor kelas C sebesar 14 persen.

Anton memperkirakan tingkat kekosongan ruang kantor hingga akhir 2018 akan semakin melonjak hingga menyentuh level 27 persen.

Tren perkantoran yang tertekan seperti saat ini telah terjadi sejak tahun 2015 dan dinilai masih akan berlangsung hingga tahun 2020, disaat tingkat kekosongan ruang anjlok karena permintaan dan pasokan ruang kantor sudah seimbang.

“Disinilah kesempatan para tenant untuk melakukan negosiasi tarif sewa, karena saat ini pemilik gedung mulai banyak memberikan diskon harga sewa untuk menahan penyewa hengkang dari gedungnya,” kata Anton.

Hal tersebut juga menguntungkan bagi coworking space yang ingin mulai berekspansi di perkantoran kawasan CBD, karena pada umumnya coworking space akan menyewa luasan ruang yang cukup besar, sehingga pemilik gedung akan berani untuk memberikan harga yang relatif spesial atau jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan penyewa biasa.

Anton mengatakan bukan sebuah kejutan lagi coworking space saat ini semakin agresif untuk melebarkan bisnisnya, baik pemain lokal ataupun asing.

Baca Juga : Perusahaan Asing Berebut Untung dari Bisnis Coworking Space

“Sama halnya dengan ritel, untuk tahapan awal bisnis coworking space selalu mendorong untuk membuka toko lebih banyak supaya dikenal baik oleh pasar. Mereka (coworking space) sedang agresif-agresifnya untuk menambah jumlah gerai mereka, hal ini tentu baik karena membantu kinerja pasar perkantoran.”

Anton mengungkapkan pasar coworking space berpotensi menjadi pasar yang lebih besar, walau saat ini belum terlihat secara jelas.

Perusahaan asing yang berekspansi ke Indonesia pun kini lebih tertarik memilih coworking space dibandingkan kantor konvensional.

Iklan

3 respons untuk ‘Coworking Space Jadi Penyelamat Bisnis Sewa Ruang Kantor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.