Tiga Tantangan Bisnis Perkantoran di Surabaya

surabaya, kota surabaya, properti, perkantoran
Ilustrasi kota Surabaya – sirie.co.id

Colliers International menyebutkan ada tiga faktor yang masih menjadi tantangan dalam pertumbuhan bisnis perkantoran di Surabaya.

Tiga tantangan tersebut di antaranya adalah masyarakat Surabaya yang lebih menyukai rumah toko (ruko) untuk usaha ketimbang gedung perkantoran, dan perusahaan besar dengan kondisi keuangan yang kuat cenderung memilih membuat gedung kantor sendiri.

Baca Juga : Bisnis Perkantoran di Surabaya dapat Pesaing Ruko dan Rukan

“Faktor yang ketiga adalah karena pertumbuhan ekonomi yang masih cenderung lemah yang membuat perusahaan menahan diri untuk melakukan ekspansi usaha termasuk ke Surabaya,” kata Ferry Salanto, Senior Associate Director Research Colliers International seperti dikutip dalam hasil survei properti, Rabu (30/1).

Menurut Ferry, untuk menggerakan pasar perkantoran, pemilik properti diharapkan lebih aktif memasarkan gedung kantor mereka, terlebih kepada penyewa besar di Jakarta yang berencana ekspansi ke luar Jakarta.

“Dan pemilik gedung juga cenderung memberikan potongan harga sewa yang bersaing terlebih dengan adanya pasokan besar dalam 3 tahun ke depan,” tambahnya.

Adapun pasokan ruang perkantoran yang akan mengisi pasar Surabaya dalam tahun ini seperti proyek Praxis seluas 12.000 meter persegi, Spazio Tower 20.000 meter persegi, Voza Office 18.607 meter persegi, dan Pakuwon Tower 39.740 meter persegi.

Dalam survei Colliers, rata-rata penambahan pasokan ruang kantor periode 2019 hingga 2021 sekitar 80,000 meter persegi yakni 4 kali lebih besar dibandingkan tingkat serapan, sehingga tingkat hunian perkantoran akan tergerus hingga 2021.

Baca Juga : Baca Juga : 4 Coworking Space di Surabaya yang Nyaman Buat Kerja

Dampaknya, beberapa pemilik gedung mulai menurunkan harga sewa untuk memecut kinerja tingkat hunian. Mengingat harga jual gedung kantor sudah cenderung tinggi, yakni Rp30 juta sampai Rp40 juta per meter persegi.

“Tambahan pasokan perkantoran akan memengaruhi harga sewa kantor dan akan cenderung turun,” tambahnya.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di laman bisnis.com dengan judul "Tiga Tantangan Pasar Perkantoran Surabaya".
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.