Tahun 2019, Ganjar Targetkan Gedung Perkantoran di Jateng Ramah Difabel

kantor Gubernur Jawa Tengah

Sejumlah bagian gedung di Komplek Kantor Gubernur Jawa Tengah di Jl. Pahlawan Kota Semarang telah menyediakan akses untuk penyandang disabilitas.

Akses untuk memenuhi kebutuhan para difabel ini ditargetkan ada di semua gedung perkantoran Jawa Tengah pada tahun 2019.

Saat ini, akses tersebut misalnya terlihat di sejumlah sudut ruangan di Kantor Gubernur. Di pintu masuk Gedung A, di sisi sebelah kiri sudah dibuat jalan khusus bagi penyandang disabilitas.

Begitu juga di sejumlah ruangan seperti ruangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah di lantai dua gedung. Ada sudah tersedia sebuah jembatan khusus bagi penyandang disabilitas untuk tamu-tamu yang akan beraudiensi.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berkomitmen untuk terus menyediakan akses bagi penyandang disabilitas karena pernah merasa tertampar saat akses penting untuk para difabel belum ada.

“Saya pernah merasa ditampar, ketika mengundang teman-teman penyandang difabel pentas di Wisma Perdamaian. Mereka tidak bisa naik ke atas panggung, karena memang tidak ada aksesnya. Dari situ saya tergugah dan sadar bahwa masih banyak gedung perkantoran yang belum ramah difabel,” kata Ganjar di Semarang, melalui keterangan rilis Sabtu (11/5).

Founder dan Inisiator Roemah Difabel Semarang, B Noviani Dibyantari pun mengatakan pihaknya mengapresiasi komitmen Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam aksesibilitas penyandang difabel tersebut.

“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya untuk Pak Ganjar yang berkomitmen bahwa di tahun 2019 ini, aksesibilitas untuk sahabat difabel harus sudah dibenahi, dibuat, dan juga disiapkan,” ucap Noviani Dibyantari.

Harapannya, apa yang dilakukan Ganjar di kantornya bisa ditiru oleh Bupati atau Walikota di daerah lain di Jawa Tengah.

Saat Musrenbangwil beberapa waktu lalu, Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah sudah memerintahkan para pejabat daerah untuk menyediakan aksesbilitas bagi para penyandang disabilitas.

Ganjar juga mengingatkan kembali konsep pembangunan serta kebijakan terkait akses untuk penyandang difabel kepada para kepala daerah.

“Sebagaimana konsep pembangunan kita, bahwa tidak boleh ada satu orangpun ditinggalkan dalam setiap kebijakan yang diambil,” ucapnya.

Berikutnya, Ganjar juga mengatakan kalau beberapa daerah, termasuk gedung memang sudah ada yang menyediakan akses tersebut, namun ada juga yang belum.

“Semoga nanti bisa 100%, sesuai komitmen bersama, bahwa di tahun 2019 semua gedung-gedung perkantoran di Jawa Tengah ramah bagi para difabel,” tutupnya.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di laman Kompas.com dengan judul "Pada 2019, Ganjar Targetkan Seluruh Gedung Perkantoran di Jateng Ramah Difabel"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.