Tips Merubah Ruang Kosong di Rumah Jadi Kantor

ruang kantor, kantor di rumah, desain interior, interior rumah
ilustrasi ruang kerja di rumah

Rumah Anda masih menyisakan ruang atau dinding kosong? Ubahlah menjadi ruang kerja. Rumah tidak hanya menjadi hunian saja, tetapi juga bisa dijadikan pusat kendali operasi bisnis Anda.

Hal ini tentunya berlaku jika Anda menjalankan sebuah perusahaan rintisan atau usaha lainnya dari rumah.

Hal demikian juga berlaku jika Anda pekerja kantoran yang memutuskan untuk membawa pekerjaan kantor ke rumah pada saat-saat tertentu.

Berikut ini tips untuk menciptakan kantor pada ruang kosong di rumah:

Siapkan penyimpanan

Gunakan area kosong di dinding untuk menempelkan rak dinding atau tempat penyimpanan sehingga bisa menghemat ruang.

Baca Juga : Desain Kantor Dua Lantai Luas 220 Meter Sekaligus Rumah Tinggal

Jika memungkinkan, buatlah ruang-ruang penyimpanan dari kayu bekas dan gantungkan di dinding. Tempat-tempat ini bisa digunakan layaknya laci pada meja kerja untuk menyimpan dokumen atau peralatan perkantoran lainnya.

Biarkan rak-rak ini terbuka sehingga mudah untuk mengambil atau meletakkan barang. Walau begitu pastikan menggantung rak-rak tersebut dengan menggunakan perangkat kuat, sehingga tidak mudah lepas.

Kurangi penggunaan kabel yang tidak perlu

Minimalisasi penggunaan kabel di ruang kerja Anda. Tetapi jika Anda terpaksa harus menggunakan kabel, maka gunakan cover atau pipa PVC dan tempel pada tembok. Hal ini cukup efektif untuk menjaga ruang kerja tetap rapi.

Tambahkan pengait dan gantungan

Jika pekerjaan Anda membutuhkan banyak kertas dan juga dokumen-dokumen penting, tambahkan pengait dan gantuungan. Kedua benda ini dapat difungsikan untuk menyimpan beberapa barang sehingga tidak berantakan.

Pisahkan dengan warna

Ligkungan kerja dengan warna monoton terkadang bisa membuat bosan. Untuk itu, Anda bisa memisahkan beberapa rak peyimpanan dengan warna.

Gunakan satu warna misalnya pinu untuk memisahkan tempat penyimpanan khusus untuk buku dan warna netral untuk dokumen penting.

Baca Juga : 5 Ide Mendekorasi Ruang Kantor Rumahan yang Nyaman

Pemisahan dengan skema warna selain membuat ruang kerja Anda lebih terorganisasi.

Selain itu, siapkan penyortir file yang berfungsi mengatur persediaan menulis seperti alat tulis, amplop, dan surat.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di laman www.kompas.com dengan judul "Jangan Biarkan Dinding Kosong, Ubah Jadi Ruang Kerja "
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.