Desain Gedung Kantor Kontainer Paling Tinggi di Dunia

Patalab Architecture, gedung kantor, kontainer
Patalab Architecture

ACCSOLEH – Penggunaan kontainer sebagai bahan baku (material) utama bangunan memang telah lama diterapkan. Tak hanya untuk bangunan rumah, peti kemas juga digunakan untuk pembangunan gedung kantor.

Seperti gedung perkantoran yang berada di Whitechapel, London, Ingrris ini. Firma arsitektur Patalab membangun gedung kantor sembilan lantai setinggi 26 meter menggunakan kontainer bekas.

Baca Juga : Ide Bangunan Kantor yang Terbuat Dari Kontainer

Jika pembangunannya selesai, gedung perkantoran tersebut akan menjadi yang paling tinggi di dunia dengan bahan kontainer. Lebih tinggi dari Freitag Store di Zurich, gedung tinggi yang juga terbuat dari kontainer.

Alasan menggunakan limbah kontainer sebagai bahan material adalah karena nilai estetikanya. Dan dengan struktur modular, pembangunannya dirasa lebih mudah dan praktis.

“Di satu sisi kontruksi menggunakan peti kemas sangat ekonomis, terutama dengan struktur modular sehingga dapat dirakit diluar dengan waktu yang singkat,” kata CEO Arsitektur Patalab Uwe Schmidt-Hess seperti dikutip laman Dezeen.

Pembangunan gedung kantor tersebut menggunakan tumpukan sembilan kontainer. Rangka atau struktur gedung dibuat menggunakan material baja. Sementara fasad sekelilingnya akan dilapisi kaca.

Di bagian dalam, kontainet tersebut dipotong menjadi beberapa bagian sehingga membentuk kerangka ruang kantor yang terbuka. Dan setiap lantainya akan memiliki koridor yang dilapisi dengan logam berwarna.

“Gedung kantor ini lebih tinggi daripada bangunan kontainer sebelumnya. Ini berarti pengaturan struktural harus dipertimbangkan dengan sangat hati-hati,” ucap Schmidt-Hess.

Baca Juga : Sejarah Awal dan Konsep Desain Rumah Minimalis

Sebagai syarat persetujuan perencanaan, bangunan harus memenuhi standar keberlanjutan yakni Building Research Etablishment Environmental Assessment Method (BREEAM). Untuk itu, gedung kontainer ini juga dibangun dengan konsep keberlanjutan.

“Kami mendorong aspek keberlanjutan dengan konsep didaur ulang, pada bagian atap akan terdapat panel surya, dan mencapai peringkat BREEAM yang sangat baik,” tutup Schmidt-Hess.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di laman www.medcom.id dengan judul "Desain Kantor Kontainer Tertinggi di Dunia".
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.