Minat untuk Perkantoran Ciputra Group Alami Peningkatan

Ciputra International Puri, ciputra group, gedung perkantoran

Superblock Ciputra International Puri

Okupansi perkantoran milik Ciputra Group di area Jakarta hingga kini masih stagnan dan belum alami perubahan signifkan sejak akhir 2017. Meski demikian, gedung-gedung perkantoran yang dimiliki perseroan mendapat pernyataan minat atau inquiries yang cukup besar.

Artadinata Djangkar, Direktur Ciputra Group mengatakan, jumlah inquiries yang ditangani Ciputra Group besar sekali tahun 2018. Peningkatan pernyataan minat tersebut terutama dari sektor e-commerce, asuransi, dan perusahaan-perusahaan kecil yang tadinya berkantor di ruko dan ingin pindah ke gedung perkantoran.

Perkantoran Ciputra Grup Diminati

“Secara umum okupansi belum begitu baik karena pasokan baru pada tahun 2017 sangatlah besar. Namun demand naik, inquiries bertambah banyak sekali tahun ini,” ucap Arta kepada Kontan.co.id, Kamis (30/8/2018).

Baca Juga : Ciputra Melihat Pasar Perkantoran di Jakarta akan Tumbuh Tahun ini

Inquiries dari perusahaan mikro yang selama ini berkantor di ruko sangat besar, karena menurut Arta tengah terjadi perubahan perilaku. Bila dulu ruko laris sekali tetapi saat ini secara perlahan mulai pindah ke office building terutama di kawasan non central business district (CBD).

Permintaan minat sewa ruang kantor yang migrasi dari ruko diterima Ciputra Group untuk proyek perkatoran Ciputra International Puri yang berada di Kembangan Utara, Cengkareng, Jakarta Barat. Walaupun Inquiry itu meningkat tetapi Arta belum dapat memprediksi kapan keputusan transaksi akan dilakukan. Sementara inquiries dari sektor asuransi meningkat karena sektor tersebut banyak melakukan ekpansi untuk membuka kantor-kantor baru.

Saat ini, Ciputra Group punya empat gedung perkantoran di Jakarta. Yang tiga diantaranya adalah kombinasi strata title dan sewa yakni DBS Tower, Tokopedia Tower dan Ciputra International Puri. Sedangkan satu lagi, Citra Towers Kemayoran adalah gedung perkantoran yang dijual (strata title).

DBS Tower memiliki luas area 61.000 meter persegi, dimana 25 persen adalah strata title dan sisanya disewakan. Okupansinya saat ini mencapai 96 persen. Tokopedia Tower memiliki luas area 63.000 meter persegi, dimana 50 persen dijualbelikan dan separuh lagi untuk disewa.

Tokopedia Towers mulai beroperasi pada akhir 2017. Arta berkata okupansi perkantoran ini sudah mencapai 70 persen, dimana 35 persen dari area sewa dan 35 persen lagi dari strata title.

Selain Tokpedia yang menyewa sekitar lahan 12.000 meter persegi, ada satu penyewa lagi yang masuk ke Tokopedia Tower dengan luas yang lebih kecil. Sementara area strata title sudah dijual ke beberapa perusahaan yang bergerak di bidang leasing, finance, trading dan lain-lain.

Jajaki Kerjasama dengan Coworking Space

Saat ini, Ciputra Group tengah menjajaki untuk menyewakan ruang kantor untuk operator coworking space internasional. Penjajakan sudah mengerucut tetapi perusahaan masih berhati-hati dalam memutuskan untuk melakukan kerjasama karena masih melihat perkembangan sektor ini ke masa depan.

Baca Juga : 7 Alasan Kenapa Betah Kerja di Coworking Space

“Kami ini bukan operator coworking, namun karena kami punya space kami silahkan operator coworking masuk. Namun kami belum dapat memastikan kerjasama dengan coworking space jadi karena sektor itu bisnis yang baru sekali. Oleh sebab itu kami masih hati-hati memutuskan. Meskipun saat ini sedang tren, tetapi kami belum tahu apakah saat ini sudah memadai atau belum,” terang Arta.

Sementara Ciputra International Puri Office Tower memiliki luas 30.000 meter persegi dimana 40 persen adalah untuk dijualbelikan dan sisanya untuk disewa. Area strata title yang sudah dipasarkan dari tahun 2015 itu sudah laku 40 persen. Sedangkan untuk area disewa, perseroan masih melakukan peninjauan dengan satu perusahaan besar.

Artikel ini telah tanyang sebelumnya di kontan.co.id dengan judul "Inquiries perkantoran Ciputra Group mengalami peningkatan"
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.